Selasa, 10 Agustus 2010

Nulis Itu Menyenangkan Kok. Yuk Ngerumpiin Rencana Tulisan Anda... :)

  1. Anda sedang menyusun karya tulis atau tugas akhir?
  2. Bingung mencari tempat pengetikan & print, yang tepat dan rapi?
  3. Bingung mencari penterjemah berkualitas untuk jurnal-jurnal acuan yang anda gunakan, dengan harga yang tidak mahal tentu saja?
  4. Bingung dengan istilah-istilah penelitian spt: tujuan, asumsi/batasan, dasar teori, prediksi/hipotesis, kesimpulan, kerangka pikir, model penelitian, populasi, sampel, variabel penelitian, operasionalisasi variabel, metode pengumpulan data, validitas, reliabilitas, kuesioner, wawancara, kualitatif, kuantitatif, random, distribusi normal, metode analisa, induksi, deduksi, statistik, outlier, probabilitas, signifikansi, kausalitas, implikasi, biimplikasi, kontradiksi, verifiabel, falsifiabel, benar/salah, koherensi, korespondensi, pragmatism, metode ilmiah, ontologi, epistemologi, aksiologi, paradoks, dll.
  5. Butuh rekan diskusi yang asyik, nyantai, tapi menguasai, untuk memahami makna serta hubungan antar istilah-istilah tersebut?
  6. Ingin tahu hubungan antara teori dengan kerangka pemikiran?
  7. Ingin tahu hubungan kerangka pemikiran dengan metode analisa?
  8. Ingin tahu hubungan antara teori dengan hipotesis? Serangan apa yang akan dihadapi di ujian, jika kesimpulan penelitian ≠ hipotesis?
  9. Ingin tahu karakteristik data yang bagus untuk mendukung klaim penelitian?
  10. Ingin tahu cara meningkatkan kualitas metode pengumpulan data, agar meningkatkan kredibilitas klaim penelitian yang didukungnya?
  11. Ingin tahu metode sampling mana yang bagus dalam mendukung kredibilitas klaim penelitian?
  12. Ingin tahu statistik yang tepat digunakan dlm penelitian anda? Atas dasar apa bisa digunakan statistik: regresif, oneway anova, chi square, SEM, dll?
  13. Ingin tahu apa kelebihan/kekuatan penulisan standar yang dipecah dalam lima bab (Bab 1 – Bab 5)?
  14. Ingin tahu cara mengoperasikan program bantu yang anda pakai, katakanlah SPSS?
  15. Ingin tahu definisi kata BENAR?
  16. Tidak ingin terjebak dalam situasi sidang memalukan?
  17. Masih banyak sekali sih, aspek-aspek penulisan skripsi (argumentasi induktif) yang perlu dipahami. Ya tentu saja dengan cara yang serius, santai, penuh tawa canda, dibikin gampang … tapi tetap harus jelas, sistematis, dan gamblang.
Kalau perlu program SPSS-nya buat diinstall, tinggal click aja link ini.

Sekian dulu perkenalan ringkas kita. Jika mengalami kendala seperti di atas, atau jika ada kesulitan-kesulitan yang lainnya, silahkan kontak kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar