Rabu, 11 Agustus 2010

Statistik Edit The SPSS Print Out alias What You See What You Dumbed

Kajian statistik ini membahas tentang betapa mudahnya para dosen dibodohi, agar segera meng-acc skripsi.
Jika anda jeli, maka akan segera tahu bahwa tidak banyak dosen yang menguasai program-program bantu statistik, katakanlah SPSS. Mungkin pernah baca bukunya. Tetapi, untuk mengoperasikannya "auh ah gelap".

Peluang apa yang bisa dilakukan oleh mahasiswa terhadap sisi lemah dosen tersebut?
  1. Kuasai cara bercerita kancil tentang proses-proses pengolahan data menggunakan program bantu tersebut, maka dosen tidak akan mempertanyakan lagi data anda, apalagi print out olahan anda.
  2. Jika ternyata kesimpulan yang diperoleh berdasarkan print out asli program tersebut tidak sesuai dengan harapan anda, maka rubah ketiklah langsung angka-angka di print out tersebut. Jangan buang waktu dengan mempelajari kembali ketepatan sampling, ketepatan alat pengumpulan data, ketepatan prosedur pengumpulan data, atau ketepatan alat analisis yang digunakan, apalagi ketepatan model penelitiannya!! Tidak perlu terlalu tinggi memberikan kredit atas kapasitas statistik mereka.
  3. Sebaiknya berikan list data dalam bentuk tercetak di kertas, hal tersebut akan semakin menyulitkan dosen mengenali ilmu kadal anda. Namun, sebenarnya boleh juga menyerahkan data dalam wujud file database seperti Excel. U know, toh mereka tidak tahu harus berbuat apa dengannya.
  4. Tips. Pilihan huruf harus seragam, karena kebanyakan dosen masih cukup jeli secara visual, itulah kebanggaan mereka. Selebihnya aman-aman saja.
  5. Jika anda ingin menguji nyali lebih jauh dikit, sekalian pinjamkan CD installer program bantu yang anda gunakan. Oh ya untuk program SPSS, anda bisa download dari salah satu link di post saya.
  6. Anda bisa tertawa terbahak-bahak, dan menceritakannya kepada kawan-kawan.
  7. Berlaku untuk pembimbing maupun penguji.
Selamat mentertawakan kapasitas ilmiah kampus anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar